Events-others

INDUSTRI HIJAU JADI MODEL INDUSTRI MASA DEPAN

Persatuan Insinyur Indonesia (PII) kembali menggelar diskusi webinar dengan tema " PII dan Transformasi Indonesia hijau: Mendorong Industri Hijau Indonesia" pada hari Rabu 10 Februari 2021 pukul 10.00 - 12.30 WIB.  Diskusi kali ini menghadirkan Menteri PPN/Kepala Bappenas, Dr. (H.C). Ir. H. Suharso Monoarfa yang bertindak sebagai keynote speaker.

Diskusi menghadirkan sejumlah tokoh sebagai narasumber yaitu:

1. Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Kementrian PPN Bappenas, Dr. Ir. Arifin Rudiyanto, M.Sc

2. Deputi Penguatan Riset dan Pengembangan, Kemenristek/BRIN,  Dr. Muhammad Dimyati, M.Sc

3. Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu, Febrio Nathan Kacaribu, SE, MIDEC,  Ph.D

Dalam sambutannya, Ketua Umum PII, Dr. Ir. Heru Dewanto, IPU menekankan sejumlah poin penting yaitu:

1. PII mendukung Pemerintah dalam menerapkan pertumbuhan ekonomi yang menghargai manusia dan modal sumber daya alam, yaitu pertumbuhan ekonomi hijau. 

2. Insinyur adalah profesi penting yang mampu mewujudkan Indonesia Hijau melalui sejumlah penemuan atau inovasi dan implementasinya.

3. PII menjalin komunikasi dan kerjasama dengan Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Bappenas, dan Direktur Lingkungan  Hidup, Bappenas, untuk mengimplementasikan konsep industri hijau ini pada UKM/UMKM.

Menteri PPN menjelaskan bahwa trend global dalam transisi menuju pemulihan hijau dan mencapai net-zero emisi.  Dalam transformasi ekonomi menuju Indonesia Maju 2045, salah satu pilar kebijakan adalah Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan.  Berdasarkan kebijakan ini Pemerintah telah menetapkan pembangunan rendah karbon sebagai Prioritas Nasional dalam RPJMN 2020-2024. 

Menteri PPN menutup dengan menyampaikan bahwa penanganan pandemi dan pencapaian SDGs memerlukan upaya kolaboratif dari multipihak, termasuk diantaranya Persatuan Insinyur Indonesia (PII). 

Info
Program Profesi Insinyur

Cara Sarjana Teknik Menjadi Insinyur

Keanggotaan
Syarat Anggota Baru

Syarat Anggota Baru

Info
Sertifikasi Insinyur

Cara Insinyur Menjadi Insinyur Profesional