Card image cap

News

7 Poin Deklarasi Balikpapan Dihasilkan dari Rapimnas Persatuan Insinyur Indonesia 2023

Perhelatan akbar Insinyur Indonesia,yaitu Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PII baru saja usai, setelah digelar tanggal 20-22 Januari 2023 di Hotel Novotel Balikpapan. 

Pada acara penutupan Rapimnas yang dilaksanakan pada Sabtu Malam,22 Januari 2023, sekaligus jamuan makan malam bersama Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor. Pada momen tersebut dilaksanakan pula pengukuhan Isran Noor sebagai Anggota Dewan Pengarah PII oleh Ketua Umum PII, Danis Hidayat Sumadilaga dihadapan ratusan peserta Rapimnas yang hadir.

Menurut Danis, dengan pengangkatan Gubernur Isran sebagai Dewan Pengarah PII semakin memperkuat hubungan serta koordinasi, dengan para insinyur yang ada di Kaltim maupun di seluruh Tanah Air.

Terlebih, kata tambahnya lagi, insinyur tidak hanya terdiri profesional yang bekerja di sektor swasta, ada juga yang mengabdikan diri sebagai pegawai negeri, akademisi, periset, bahkan menteri, juga rektor dan banyak profesi lainnya.

“Dimohon Pak untuk membantu memberikan arahan kepada kami ke depan, serta membantu kami dalam kontribusi pembangunan di Indonesia, khususnya Kaltim dan juga IKN ini pak,” ucap Danis.

"Dengan kerja para insinyur dari berbagai bidang baik hayati maupun non-hayati, akan menjadi katalisator peningkatan suatu daerah baik dari sisi infrastruktur, sosial budaya, ekonomi dan lingkungan.

Selain itu, kata dia, sesuai dengan arahan Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa untuk bersinergi dengan PII, mereinventaris pembangunan dan juga penyusunan serta supervisi 40 kota di Indonesia, diharapkan sekian di antaranya ada di Kaltim",imbuh Danis lagi.

Gubernur Kaltim Isran Noor pada kata sambutannya mengatakan, pemindahan ibu kota adalah sebuah kebutuhan seluruh rakyat Indonesia.

Namun, katanya lagi, untuk membangun IKN butuh kerja sama berbagai pihak. Karena pembangunan Ibu Kota Nusantara butuh Rp 466 Triliun, dengan hanya sebesar 20 persen bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Sehingga dibutuhkan sumber-sumber pendanaan baik dari BUMN, pihak swasta serta sumber investasi dari luar negeri.

“Karena Kaltim ini kaya dengan sumber daya. Saya yakin banyak pengusaha yang tidak menolak untuk berinvestasi di IKN dan Kaltim jika diberikan kewenangan khusus. Karena untuk membangun ibu kota dibutuhkan kerja cepat dan tepat, seperti seorang insinyur,” ujar Isran bersemangat.

Para insinyur juga dijadwalkan untuk melihat langsung progres pembangunan IKN. Diharapkan, kata dia, dengan kedatangan para insinyur akan memberikan masukan serta arahan untuk peningkatan pembangunan ibu kota.

“Karena sudah diangkat sebagai Dewan Pengarah, baik secara aktif dan nonaktif nantinya saya pasti akan mengawasi,” ucapnya.

Setelah memberikan sambutan, Danis sebagai Ketum PII menyampaikan hasil Rapimnas PII yang diberi nama Deklarasi Balikpapan yang terdiri dari tujuh poin kesepakatan, berikut hasil deklarasi tersebut:

  1. Mempercepat proses digitalisasi dan inovasi di berbagai bidang.
  2. Mendukung percepatan hilirisasi industri dan mendorong peningkatan kedaulatan
    industri nasional secara komprehensif.
  3. Mendorong pemerintah dan seluruh pihak untuk meningkatkan TKDN berbasis inovasi.
  4. Meningkatkan kapasitas keinsinyuran yang handal dan berperan aktif dalam
    perencanaan, pelaksanaan, dan operasionalisasi IKN.
  5. Mendukung pembangunan kota yang iconic sesuai potensi dan karakteristiknya agar
    terwujud kota yang inklusif, berkelanjutan, berketahanan, dan meningkatkan
    kesejahteraan masyarakat.
  6. Mendorong anak bangsa untuk menempuh pendidikan, pelatihan dan pengembangan
    keprofesian keinsinyuran berkelanjutan.
  7. Mendukung kebijakan pemerintah untuk meningkatkan standar remunerasi insinyur.***

SUMBER BERITA

 

Keanggotaan
Syarat Anggota Baru

Syarat Anggota Baru

Keanggotaan
Program Profesi Insinyur

Cara Sarjana Teknik Menjadi Insinyur

Info
Sertifikasi Insinyur

Cara Insinyur Menjadi Insinyur Profesional