Card image cap

News

PII Tawarkan Konsep Sponge City

Atasi Masalah Air Jakarta, PII Tawarkan Konsep Sponge City

Jakarta - 24/3/2021
Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Dr.Ir.Heru Dewanto, ST, MSc.(Eng), IPU, ASEAN Eng sampaikan usulan konsep Sponge City (Kota Spons) demi atasi masalah air di Jakarta,  dalam forum seminar daring bertajuk "World Water Day 2021 Valuing Water" yang juga dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Rabu siang (25/3).

Heru menilai perlunya memahami dan menjaga siklus alami air dengan menyelidiki daerah aliran sungai dan sumber air di sekitar untuk memahami siklus hidrologi lokal. Sebagaimana spons (busa) yang mudah menyerap air, Kota Spons akan membuat sebanyak mungkin air (hujan) yang turun ke permukaan diserap oleh kota dan digunakan untuk keperluan air minum, air bersih, irigasi dan sebagainya, dengan cara durasi yang cukup sebelum melipas ke laut. Lebih jauh Heru menuturkan, kita juga harus mempromosikan penggunaan air yang sadar lingkungan dan melestarikan daerah aliran sungai dan sumber air lainnya.
"Saya pikir kita perlu memikirkan bersama untuk mempromosikan penggunaan air yang sadar lingkungan sehingga dapat mengurangi dampak lingkungan dari penggunaan air pada siklus air alami dengan menerapkan aktivitas 3R Reduce  Reuse dan Recycle. Dan untuk mensiasati meningkatkan kualitas air dan kuantitas air lokal, saya pikir perlu melestarikan daerah aliran sungai dan sumber air lainnya yang bisa bekerjasama dengan para pemangku kepentingan untuk masa depan yang berkelanjutan"
Heru menawarkan konsep Sponge City dimana  Konsep ini cocok untuk DKI Jakarta dimana 80% area kota mampu menyerap 70% air hujan untuk dimanfaatkan kembali.

Girl in a jacket

 

Media centre PII

Info
Program Profesi Insinyur

Cara Sarjana Teknik Menjadi Insinyur

Keanggotaan
Syarat Anggota Baru

Syarat Anggota Baru

Info
Sertifikasi Insinyur

Cara Insinyur Menjadi Insinyur Profesional