Pengurus Pusat

pengurus pusat

Berkarir lebih dari 25 tahun di berbagai perusahaan infrastruktur nasional dan multinasional, Heru Dewanto berpengalaman menangani berbagai proyek infrastruktur lintas sector. Mulai dari proyek rumah susun, manajemen limbah dan air, rel kereta api, jalan tol, LRT, hingga proyek pembangkit tenaga listrik. Dalam masa kepemimpinannya di Cirebon Power, Heru Dewanto berhasil membawa konsorsium multinasional milik Indika Energy itu meraih 4 penghargaan nasional dan internasional. Infrastruktur bukan hal yang baru bagi Heru Dewanto. Setelah mengantongi 2 gelar master dalam bidang transportasi publik dari perkeretaapian dari perguruan tinggi di Austria dan Inggris, Heru Dewanto meraih gelar doktor dari Universitas Indonesia dalam bidan industry kelistrikan.
Dr. Ir. Heru Dewanto, ST., M.Sc.(Eng.), IPU., ASEAN Eng.

Ketua Umum

Dr. Ir. Danis Hidayat Sumadilaga, M.Eng.Sc., IPU.

Wakil Ketua Umum

Ir. Teguh Haryono, MBA.

Sekretaris Jenderal

Sejak 1994 saat mahasiswa akhir, telah bekerja dan menekuni bidang keinsinyuran khususnya pada pekerjaan geoteknik (mekanika tanah) dan bangunan air. Karirnya dimulai sebagai young engineer bekerja di Pusat Antar Universitas (PAU) Teknik di UGM Yogyakarta dalam pekerjaan disain bangunan air seperti bendungan, embung dan lain-lain. Kemudian selama lebih dari sepuluh tahun bekerja sebagai design engineer dan senior sales engineer di perusahaan perkuatan dan perbaikan tanah dengan menggunakan teknologi geosintetik. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi rekayasa harus selalu ditingkatkan, tahun 2007 memutuskan mengambil jedah untuk menempuh pendidikan di jenjang S-2 Magister Teknik (MT) dalam bidang geoteknik di Universitas Indonesia dengan tesis tentang sistem mechanical stabilized earth wall atau dinding penahan tanah dengan perkuatan geosintetik. Setelah mendapatkan gelar MT, mendirikan perusahaan baru yang bergerak dalam bidang engineering, procurement and construction (EPC) specialist dalam pekerjaan perbaikan dan perkuatan tanah; PT GEOFORCE INDONESIA dan duduk sebagai founder sekaligus CEO (chief executive officer). Untuk memperkuat kemampuan bidang keinsinyuran pada tahun 2019, mulai menempuh pendidikan jenjang S-3 di Universitas Indonesia menekuni bidang liquefaction dan geotechnical earthquake engineering. Selain menekuni bidang engineering sebagai bisnis, juga tercatat aktif di organisasi keprofesian sebagai pengurus di asosiasi profesi yakni Himpunan Ahli Teknik Tanah Indonesia (HATTI), asosiasi kontraktor Gabungan Pelaksana Konstruksi Indonesia (GAPENSI) serta Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Bidang Konstruksi dan Infrastruktur.

Ir. Dandung Sri Harninto, MT.

Wakil Sekretaris Jenderal

Ir. Muhammad Ade Irfan, ST., MBA., IPM., ASEAN Eng., MPM., CIPM

Wakil Sekretaris Jenderal

Ir. Boy Kurniawan, IPM.

Wakil Sekretaris Jenderal

Dr. Ir. Dimas Angganegoro, MM., IPM.

Wakil Sekretaris Jenderal

Dr. Ir. Arlan Septia Ananda Rasam, MM.

Bendahara Umum

Ir. Muhammad Andika, MM

Wakil Bendahara Umum

Ir. Aprilia Sovietina Chaidir

Wakil Bendahara Umum

Ir. Nur Sa’adah, M.Si., IPU., ASEAN Eng.

Wakil Bendahara Umum

Dr. Ir. Syarif Burhanuddin, M.Eng., IPU

Ketua Bidang Rekayasa dan Konstruksi

Ir. I Made Dana Tangkas, M.Si., IPU.

Ketua Bidang Industri

Prof. Dr. Ir. Irwandy Arif, M.Sc. IPU.

Ketua Bidang Sumber Daya Mineral

Dr. Ir. Bambang Hendroyono, MM., IPU.

Ketua Bidang Kehutanan, Pertanian dan Perkebunan

Berkarier selama 33 tahun sebagai Aparatur Sipil Negara, dimana selama hampir 9 tahun menjabat Asisten Deputi Kementerian BUMN yang menangani BUMN Energi serta selama 24 tahun sebagai regulator dibidang Ketenagalistrikan Kementarian ESDM dengan jabatan terakhir Direktur Jenderal Ketenagalistirkan.  Selama menjabat Direktur Jenderal Ketenagalistrikan dari tahun 2011 s/d tahun 2017, melalui Dana APBN Listrik Perdesaan, Jarman telah dapat mendorong program pembangunan jaringan listrik dan gardu distribusi serta program sambungan rumah dan instalasi listrik gratis untuk masyarakat tidak mampu, sehingga terjadi peningkatan rasio elektrifikasi yang sangat signifikan di seluruh Indonesia. Selain itu, banyak regulasi dibidang ketenagalistrikan sebagai penjabaran UU No.30 th.2009, berupa 3 Peraturan Pemerintah, beberapa keppres dan beberapa Permen, termasuk peraturan-peraturan mengenai keselamatan ketenagalistrikan (K2), berhasil diterbitkan dan di implementasikan.

Ir. Jarman , M.Sc., IPU., ASEAN Eng

Ketua Bidang Energi dan Ketenagalistrikan

Ir. Bambang Triwibowo, IPU., ASEAN. Eng.

Ketua Bidang Sumber Daya Air

Ir. Gilarsi Wahyu Setijono, MBA.

Ketua Bidang Logistik

Ir. Polana Banguningsih Pramesti, M.Sc.

Ketua Bidang Transportasi

Dr. Ir. Khalawi Abdul Hamid, M.Sc., MM.

Ketua Bidang Pengembangan Kawasan, Perkotaan dan Perumahan

Ir. David Bangun, M.Eng., IPU.

Ketua Bidang Teknologi Informasi & Telekomunikasi

Dr. Ir. Ridwan Djamaluddin, M.Sc.

Ketua Bidang Kemaritiman

Dr. Ir. Novrizal Tahar, IPM.

Ketua Bidang Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan

Dr. Ir. Hari Santosa Sungkari, M.H.

Ketua Bidang Industri Kreatif dan Inovasi Sosial

Ir. Hiramsyah S. Thaib.

Ketua Bidang Kepariwisataan

Dr. Ing. Ir. Widjo Kongko, M.Eng.

Ketua Bidang Mitigasi Bencana

Ir. Eka Suharto

Ketua Komite Keanggotaan dan Registrasi & Ketua Badan Pelaksana Keanggotaan dan Registrasi

Ir. Raymond N. Rasfuldi, IPU., ASEAN Eng

Ketua Komite Kerjasama Internasional

Dr. Ir. Rudy Salahudin, MEM.

Ketua Komite Pendidikan dan Pelatihan Profesi & Ketua Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Dr. Ir. Bambang Setiadi, IPU.

Ketua Komite Penjaminan Mutu

Ir. Akhmad Suradji, MT, Ph.D., IPM.

Ketua Komite Advokasi

Ir. Purba Robert Mangapul Sianipar, MSCE., MSEM., Ph.D., IPM.

Ketua Komite Kerjasama antar Lembaga dan Kementerian

Setelah lulus pada tahun 2000 dari Universitas Muhammadiyah Jakarta, setahun kemudian memulai karier sebagai ASN di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pada unit Inkubator Teknologi yang memfasilitasi tumbuh dan berkembangnya start-up (perusahaan pemula berbasis teknologi) di Indonesia. Peraih Master dari Universitas Indonesia, Doktor dari Universitas Padjajaran pada bidang public administration (public policy), dan mendapat gelar Profesi Insinyur melalui Program Studi Program Profesi Insinyur (PS PPI) dari Universitas Muslim Indonesia, sejak mahasiswa aktif berorganisasi kemudian pada tahun 2008 menjadi Ketua Forum Anggota Muda Persatuan Insinyur Indonesia (FAM PII). Minat pada bidang kebijakan publik, mengantarkan keterlibatan dalam proses lahirnya Undang Undang No. 11 Tahun 2014 Tentang Keinsinyuran dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2019 Tentang Peraturan Pelaksana Undang Undang No. 11 Tahun 2014 Tentang Keinsinyuran serta Peraturan Keorganisasian PII lainnya.

Dr. Ir. Qiqi Asmara, M.Si, IPM.

Ketua Komite Pengembangan Organisasi

Ir. Kiki Taher

Ketua Komite Komunikasi, Media, dan Penghargaan

Dr. Ir. Arief Kusuma Among Praja, MBA., IPU

Ketua Badan Pelaksana Program Profesi Insinyur

Ir. Mas Wigrantoro Roes Setiyadi SE., M.Si., MPP., CMA., IPU., ASEAN Eng

Ketua Badan Pelaksana Lembaga Sertifikasi Kompetensi Insinyur (LSKI) dan Akreditasi HKK

Ir. Faizal Safa, ST., MSc., IPU. ASEAN Eng

Direktur Eksekutif Badan Pelaksana Kesekretariatan

Ir. Mucharom Ahmadi

Wakil Direktur Eksekutif Kesekretariatan