Card image cap

News

106 Lulusan Program Profesi Insinyur Universitas Sam Ratulangi Dilantik Secara Resmi di Manado

Program Studi Program Profesi Insinyur Universitas Sam Ratulangi hari ini melantik dan mengambil sumpah 106 lulusan Insinyur di Balroom Hotel Four Points Manado. Hadir pada acara ini Direktur Eksekutif Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Pusat, Ir. Habibie Razak,  IPU., ACPE., APEC Eng. mewakili Ketua Umum PII.

Dalam sambutannya Ir. Habibie menyampaikan bahwa saat ini dunia mengalami krisis terkait penyiapan Insinyur baik kuantitas maupun kualitas dibandingkan dengan kebutuhan Insinyur yang semakin kritikal di dalam menjawab tantangan global keinsinyuran seperti Digitalisasi dan Automasi Keinsinyuran, Energy Transition, Penyediaan Infrastruktur Handal akibat dari climate change hingga pada revolusi industri kesehatan.

Ir. Habibie menambahkan "Insinyur Indonesia oleh PII dituntut untuk memberikan kontribusi signifikan pada pembangunan nasional dan juga mampu berkompetisi di kancah global, PII membuka jalan buat kawan kawan yang ingin mendapatkan pengakuan internasional di tingkat ASEAN maupun Asia Pasifik".

Sementara itu Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Oktovian Alexander Sompe, M.Eng., IPU berpesan kepada alumni yang baru diambil sumpahnya untuk terus meningkatkan soft skill dan hard skill di dalam menjawab tantangan keinsinyuran di Indonesia maupun global.

Dr. Ir. Lucia Lenfrandt, IPM Ketua Prodi PSPPI Ratulangi melaporkan bahwa saat ini Universitas Sam Ratulangi telah menelurkan 312 Insinyur sejak tahun 2018, tentunya Unsrat akan terus memberikan kontribusinya di dalam menelurkan insinyur melalui program ini.

"Saat ini, kita masih berada di rasio 5300 Insinyur per juta penduduk sedangkan Vietnam di rasio 9000 per juta penduduk, Amerika Serikat dan Korea masing masing di rasio 20000 dan 25000 per juta penduduk, kita perlu kerja keras lagi untuk meningkatkan kuantitas maupun kualitas Insinyur kita untuk mewujudkan Indonesia Emas di 2045" lanjut Ir. Habibie Razak yang juga adalah Direktur di salah satu perusahaan konsultan keinsinyuran global yang beroperasi di Indonesia.

Hadir pada acara ini Dr. Ir. Audie Rumayar, MT., IPU unsur pengurus wilayah PII Sulut beserta pengurus cabang di Sulut, Ketua  Panitia PSPPI Unsrat Ir. Alex Wattimena, M.Si. dan juga Prof. Dr. Ir. Markas Talintukan Lasut, M.Sc., IPU Direktur Pascasarjana Univ Sam Ratulangi.

Keanggotaan
Syarat Anggota Baru

Syarat Anggota Baru

Keanggotaan
Program Profesi Insinyur

Cara Sarjana Teknik Menjadi Insinyur

Info
Sertifikasi Insinyur

Cara Insinyur Menjadi Insinyur Profesional