Card image cap

News

Rapimnas PII di Balikpapan Resmi Dibuka, Menteri PPN Suharso Monoarfa Tantang PII Buat DED untuk 40 Kota

Pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Persatuan Insinyur Indonesia (PII) berlangsung meriah dan semarak di Hotel Novotel Balikpapan, Jum'at (20/1). Dihadiri oleh lebih dari 500 anggota PII seluruh Indonesia , perhelatan akbar itu dibuka secara resmi oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Dr. (HC). Ir. H. Suharso Monoarfa, M.A.

“Kota-kota kita kedepan ini bisa mencontoh IKN. Selama ini perkembangan kota-kota di Indonesia lebih banyak karena faktor swasta. Berbeda dengan IKN seluruhnya dari perencanaan dilakukan Pemerintah.,” ujar Suharso saat membuka acara.

“Terus terang saja yang membangun kota di tanah air itu bukan pemerintah, tapi swasta. Namun dengan adanya IKN yang dibangun dari nol oleh pemerintah ini akan menjadi sejarah sebagai para planer,” ungkapnya lagi.

Dalam kesempatan itu, Suharso mengatakan, sempat berbicara langsung dengan Presiden Joko Widodo yang menyampaikan kegelisahannya terkait perkembang kota-kota ataupun daerah di Indonesia ke depan. Karena pembangunannya lebih banyak karena swasta.

“Beliau menggelisahkan mengenai perkembangan kota-kota di tanah air,” paparnya.

Presiden Jokowi menilai pembangunan daerah lebih banyak karena faktor swasta. Dimana seakan-akan Pemerintah daerah tak memiliki rencana ke depan dalam pembangunan.

“Saya bilang kota-kota di Indonesia ini bukan tidak punya masa depan, bukan tidak memiliki detil plan, sebenarnya yang disebut rencana tata ruang dan seterusnya, semuanya sudah ada,” ujarnya.

“Tapi kemudian ketika dia berkembang itu, lebih banyak ditentukan oleh inisiatif-inisiatif partikelir, inisiatif swasta,” tambahnya.

Kondisi pembangunan kota-kota di Indonesia saat ini, katanya, akan menjadi salah satu pekerjaan rumah PPI untuk bekerjasama dan memberikan masukkan dan gagasan-gagasan dalam l pembangunan kota

“Jadi ini PR besar, kalau yang lalu dengan PII kita bekerjasama soal pembangunan yang sifatnya makro, terima kasih saya sudah terima hasil masukan dari PII, maka saya ingin mengajak PII untuk mungkin punya pikiran-pikiran , gagasan tadi,” ungkapnya.

Ditambahkannya, pemerintah menantang para insinyur untuk membuat DED (Detail Engineering Design) 40 kota dengan biaya pemerintah, terutama kota-kota yang memiliki PAD yang cukup tinggi.

"Untuk generasi pertama, kita ambil kota-kota yang punya uang,, tapi bangun gedung tidak jelas. Sederhananya, bagaimana kita mulai, kita bisa mengembangkan sejumlah instrumen digital, sehingga bisa dengan cepat merekam jejak kota," imbuhnya.

Pelaksanaan kegiatan Rapimnas PII yang bertema Mengukuhkan Peran Nyata dan Kontribusi Persatuan Insinyur Indonesia dalam Pembangunan Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur, berlangsung selama 2 hari dan berbeda dengan Rapimnas PII sebelumnya, digelar pula Engineering Expo yang diikuti oleh sejumlah perusahaan serta kunjungan ke proyek Kilang RDMP Balikpapan dan pembangunan IKN.***

Sumber Berita

Keanggotaan
Syarat Anggota Baru

Syarat Anggota Baru

Keanggotaan
Program Profesi Insinyur

Cara Sarjana Teknik Menjadi Insinyur

Info
Sertifikasi Insinyur

Cara Insinyur Menjadi Insinyur Profesional